Halaman

Rabu, 18 Maret 2015

Ibadah Umroh

Ibadah Umroh

Assalamualaikum Para Pengunjung

Ibadah Umroh - Girilaya Real Groups memberikan Info Haji Travel Umroh Ibadah Umroh . Silakan dilihat / disimak dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Ibadah Umroh 



 Apa Itu Umroh? :
1. Umroh

Umroh adalah sebuah bentuk ibadah yang di dalamnya terdapat tata cara yang harus dipatuhi dan dilaksanakan agar ibadah yang kita lakukan benar dan sah.

2. Tata Cara Umroh

Lalu apa saja yang diatur dalam tata cara umroh tersebut?

Miqot atau tempat mulai berniat umroh dan memakai pakaian ihram. Bila berangkat dari Madinah maka miqat yang telah ditentukan adalah Bir Ali. Disarankan sejak dari Madinah telah memakai pakaian ihram namun niat dapat dibaca di Bir Ali. Setelah berganti pakaian, jamaah melakukan shalat ihram 2 rakaat.
Setelah memakai pakaian ihram tidak boleh menggunakan wangi-wangian, mandi memakai sabun wangi, sikat gigi dengan odol, memakai peci atau pakaian yang lain selain pakaian ihram. Jamaah juga dilarang berhubungan suami istri hingga kegiatan ibadah umroh berakhir yaitu hingga selesai tahallul atau memotong rambut.
Membaca kalimat talbiyah sebanyak-banyaknya.
Setiba di Masjidil Haram, jamaah melakukan Thawaf mengelilingi Ka`bah sebanyak 7 kali, putaran 1-3 kali dengan berlari-lari kecil, untuk putaran ke 4 hingga 7 berjalan seperti biasa.
Shalat 2 raka`at di maqam Nabi Ibrahim
Dilanjutkan dengan melakukan Sa`i dari Shofa ke Marwah.
Melakukan Tahallul yaitu mencukur rambut baik seluruhnya maupun sebagian.

Demikian tata cara ibadah umroh yang harus dilakukan secara benar dan berurutan, karena bila tidak, selain kita membayar denda juga dikhawatirkan ibadah umroh yang telah kita lakukan tidak sah dan kita harus mengulang dari awal.

3. Rincian Biaya Paket Umroh Tahun 2015

Sebelum melakukan perjalanan, lazimnya kita membuat perencanaan perjalanan. Hal ini bertujuan agar perjalanan yang kita laksanakan lancar tanpa kendala yang berarti terutama dari segi finansial. Tidak hanya biaya minimum yang harus kita rencanakan, namun dana dadakan yang bisa timbul karena berbagai hal, misalnya kenaikan harga barang dan kurs mata uang yang berubah-ubah. Terutama bila kita merencanakan perjalanan ke luar negeri seperti liburan atau perjalanan ibadah Umroh dan haji. Pertimbangan yang kita ambil sebelum merencanakan sebuah perjalanan biasanya terkait dengan 3 hal berikut, yakni waktu, biaya dan cuaca.

4. Waktu

Untuk perjalanan Umroh, biaya yang dikeluarkan akan lebih besar bila anda berencana berangkat Umroh di Bulan Ramadhan, pada musim liburan atau menjelang musim haji. Hal ini pertama disebabkan karena membludaknya peminat atau calon jamaah karena mengejar momen tertentu seperti Ramadhan ( yang pahalanya nyaris seperti pergi haji ), atau waktu liburan karena yang bersangkutan masih bekerja atau bersekolah.

Penyebab yang kedua adalah semakin ketatnya persaingan antara maskapai penerbangan yang satu dengan yang lain dan ini biasanya terjadi dalam high atau peak season. Untuk mendapatkan paket Umroh dengan harga yang lebih murah, pilihlah bulan-bulan setelah musim haji berakhir, yakni bulan Desember, Januari, Februari, Maret dan April. Pada bulan-bulan tersebut, biaya relatif lebih murah bila dibandingkan mengambil paket pada bulan Juli hingga Oktober. Hindari mengambil jadwal umroh pada high season yang lazim terjadi di bulan Juli dan Agustus, bulan dimana terdapat liburan musim panas di berbagai negara beriklim 4 musim serta musim liburan sekolah.

5. Cuaca

Negara Arab Saudi dikenal memiliki iklim gurun, dimana perbedaan suhunya antara siang dan malam seringkali sangat ekstrim. Menurut perkiraan, pada bulan Juni hingga Agustus Arab Saudi sedang berada di musim panas dengan suhu hampir 44 derajat celcius. Bila dibandingkan dengan Indonesia memang tidak terlalu banyak perbedaan dengan suhu musim kemarau yang rata-rata diatas 40 derajat celcius di beberapa daerah di Indonesia.

Sedangkan pada bulan November hingga Januari, Arab Saudi berada di musim dingin dengan perkiraan suhu antara 18 derajat hingga 28 derajat celcius. Cukup dingin untuk bahkan sejuk bagi mereka yang terbiasa tinggal di daerah dingin di tanah air. Sedangkan untuk suhu normal yang tidak terlalu panas atau dingin, pilihan terbaik untuk waktu keberangkatan Umroh adalah antara bulan Maret hingga Mei.

Bila anda tidak terlalu bermasalah dengan perbedaan suhu dan cuaca panas, serta ingin mengejar keutamaan pahala Umroh yang setara dengan pahala pergi haji, maka pilihan waktu Umroh pada bulan Ramadhan adalah pilihan terbaik. Walaupun pahalanya sangat besar hingga hampir seperti pahala berhaji, namun ibadah Umroh yang dilakukan pada bulan Ramadhan tetap tidak dapat menggantikan kedudukan haji sebagai rukun islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi mereka yang mampu. Setelah pergi umroh, apabila anda kemampuan baik biaya dan kesehatan, anda tetap harus mengerjakan ibadah haji.

 Pilihan Paket Umroh 2015 Yang Ditawarkan Travel Umroh
Sebelum memutuskan paket Umroh apa dan bagaimana yang anda butuhkan, terlebih dahulu anda harus mengetahui informasi mengenai kelebihan-kelebihan paket tersebut. Setiap paket Umroh, memiliki kelebihan yang bisa jadi sangat anda butuhkan. Karena itu telitilah dengan detail-detail paket yang ditawarkan, agar anda tidak salah dalam mengambil paket, bahkan anda bisa menghemat bila anda dapat mengambil paket yang murah dan sesuai dengan yang anda butuhkan sehingga anda tidak mengeluarkan biaya lebih padahal anda tidak atau belum membutuhkan beberapa fasilitas dalam paket tersebut.

 Pilihan Paket Umroh 2015 :
1. Paket Umroh Reguler 2015

Paket Umroh Reguler merupakan paket Umroh yang ditawarkan oleh biro travel Umroh sesuai standar yang ditetapkan. Rutenya adalah rute standar dan hanya memiliki perjalanan Umroh dan city tour di Makkah dan Madinah. Apabila waktu yang anda miliki tidak banyak dan budget anda tidak terlalu banyak atau anda hanya ingin berumroh sambil berjalan-jalan di sekitar Mekkah dan Madinah, maka paket umroh regular 2015 ini dapat anda pilih. Durasi waktu yang ditetapkan pada paket Umroh regular ini biasanya antara 9 hingga 12 hari sehingga tidak terlalu panjang.


2. Paket Umroh Ramadhan 2015

Melaksanakan ibadah Umroh di Bulan Ramadhan sangat dianjurkan, hal ini karena Umroh sendiri merupakan ibadah yang utama, selain itu Ramadhan dikenal sebagai bulan yang sangat berkah. Bila dipadukan, maka beribadah Umroh di Bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat ganda, apalagi terdapat Lailatul Qadr di dalamnya. Karena itulah Rasulullah pun sangat menganjurkan Umroh di bulan Ramadhan.

Dapat beribadah Umroh di bulan Ramadhan adalah kesempatan emas untuk mencari pahala sebanyak-banyak dan sebagai sarana untuk muhasabah atau evaluasi diri. Sebagaimana disebutkan “Untuk mencapai kekhusyukan dalam beribadah, tidak ada tempat lain yang sebaik Makkah ( Masjidil Haram ) dan Madinah ( Masjid Nabawi )”.

Paket yang ditawarkan adalah :

Paket Umroh Awal Ramadhan ( 9 atau 14 hari )
Paket Umroh Pertengahan Ramadhan ( 9 hari )
Paket Umroh Akhir Ramadhan (14 hari)
Paket Umroh Full Ramadhan ( 29 hari )
Paket Umroh Lailatul Qadr ( 14 hari )
Paket Umroh Idul Fitri ( 9 hari )


3. Paket Umroh Akhir Tahun 2015

Akhir tahun selalu menjadi momen tersendiri bagi kebanyakan orang, selain sebagai momen muhasabah atau evaluasi diri, juga sering menjadi waktu untuk berlibur. Paket Umroh akhir tahun banyak dicari oleh calon jamaah Umroh yang telah merencanakan keberangkatan pada akhir tahun.

Selain itu di akhir tahun juga banyak instansi dan sekolah yang libur sehingga paket Umroh murah bersama  kelaurga banyak dicari, selain sebagai sarana edukasi kepada anak-anak akan keutamaan ibadah Umroh. Keindahan dapat berlibur bersama keluarga juga kerap menjadi pertimbangan untuk mengambil paket Umroh akhir tahun.

Kelebihan mengambil paket Umroh akhir tahun diantaranya juga karena udara yang lebih bersih dan segar karena Arab Saudi sedang berada di musim dingin, juga suasana tidak terlalu berdesak-desakan sehingga cukup lengang dan sepi untuk berjalan-jalan dan beribadah bersama keluarga. Karena suasana yang cukup lengang, para calon jamaah akan lebih mudah mencapai hajar Aswad, ke Raudhah atau ke Hijr Ismail.


4. Paket Umroh Plus Dubai 2015

Dubai adalah sebuah kota yang dulunya hanyalah gurun pasir namun kini telah berubah menjadi surga bagi wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Dubai telah dinobatkan sebagai kota masa depan bahkan diramalkan sebagai kota termewah di dunia. Dubai telah berubah dari gurun pasir yang tandus menjadi hunian mewah bahkan disebut sebagai surga dunia. Selain penataan kotanya yang sangat artistik dan mewah, Dubai juga dikenal sebagai pusat mall dan perniagaan. Bahkan hampir sebagian penduduknya adalah pendatang yang bekerja dan berniaga di sana. Kota Dubai sangat layak menjadi kota tujuan berlibur setelah kunjungan Umroh anda.


5. Paket Umroh Plus Kairo 2015

Mesir adalah pusat sejarah dan peradaban. Dikenal dengan bangunan-bangunan yang sangat luar biasa seperti piramida, spinx dan cerita-cerita tentang Fir’aun dan penguasa Mesir dari zaman ke zaman. Karena itulah Mesir dikenal dengan sebutan Ummuddunya ( Ibu Dunia ). Disebut  demikian karena peradaban manusia di Mesir telah ada sejak 120 ribu tahun yang lalu. Ibu kota Mesir adalah Kairo.

Peradaban di Mesir diawali dari kehidupan di delta sungai Nil yang sangat subur sehingga menjadi pusat perkembangan kehidupan manusia. Berbagai teknik pembangunan ditemukan di sini seperti piramida, kuil, ilmu matematika, ilmu pengobatan, sistem irigasi, pertanian, arsitektur dan kesenian. Sebegitu tingginya peradaban manusia disini hingga bangsa Mesir sangat bangga dengan negaranya yang mendapat julukan sebagai Ibunya Dunia.


6. Paket Umroh Turki 2015

Turki dikenal menyimpan banyak peninggalan sejarah, bahkan sejarah dari Negara-negara lain berasal. Turki terletak diantara benua Asia dan Eropa sehingga memiliki perpaduan budaya dan kesenian yang unik, bahkan menjadi rebutan bagi bangsa-bangsa lain untuk menguasainya. Turki tidak hanya dikenal karena sejarahnya, namun bangunan-bangunan indah hasil perpaduan arsitektur Eropa, Asia dan tradisi berbagai agama yang sempat berkembang di Negara ini. Negeri yang sangat layak dikunjungi untuk memperkaya khasanah pengetahuan kita akan penyebaran agama Islam dan kerukunan umat beragama disini.


7. Paket Umroh Plus Eropa 2015

Jejak Islam tidak hanya ditemukan di negara-negara sekitar dimana agama Islam berasal. Jejak-jejak peninggalan agama Islam bahkan terbawa hingga Eropa yang selama ini kita kenal sebagai negara non muslim. Bangunan-bangunan tua bernuansa Islam bahkan banyak kita temukan di Spanyol, ornamen-ornamen di Masjid di Cordoba adalah saksi perkembangan dan kejayaan  Islam di Eropa. Sungguh sangat menyentuh hati dan menambah keimanan bila kita diberikan kesempatan untuk melihatnya dari dekat.

 Penerbangan
Komponen utama yang sangat berpengaruh dalam harga paket sebuah tour umroh adalah biaya atau ongkos transportasi, utamanya armada penerbangan yang akan digunakan. Lazimnya, biaya penerbangan naik atau turun tergantung pada musim atau waktu kita memilih jadwal keberangkatan, apakah anda berangkat setelah musim haji berakhir atau pada saat bulan Ramadhan dan musim liburan. Rute penerbangan biasanya terbagi atas direct Jeddah ( langsung tiba di Jeddah ), Transit dan Direct Madinah ( langsung tiba di Madinah ).

Bila anda memilih penerbangan dengan sistem transit, anda mungkin akan mendapatkan biaya yang lebih murah, namun resikonya anda akan merasa lelah dan lebih lama karena harus menunggu. Sebaiknya para jamaah menghindari penerbangan sistem transit untuk mengantisipasi terjadinya keterlambatan ( delay ) karena ketinggalan pesawat berikutnya akibat pesawat yang membawa dari tanah air ke negara transit mengalami delay ( terlambat ). Apalagi bila anda harus menginap terlebih dahulu untuk mendapatkan penerbangan berikutnya. Biaya yang akan anda keluarkan akan jauh lebih mahal daripada penerbangan dengan sistem direct atau langsung.

Penerbangan Direct Jeddah lebih mahal bila dibandingkan dengan penerbangan dengan transit namun bila ingin mendapatkan penerbangan direct yang lebih murah, jamaah dapat memilih Direct Madinah. Dari Madinah, jamaah dapat naik bus selama 6 jam menuju Mekkah. Jamaah bisa langsung melakukan start ibadah umroh dari kota Madinah.

 Hotel
Di Tanah suci, tempat menginap terdiri dari berbagai macam kelas mulai dari kelas melati hingga bintang 5, para jamaah dapat memilih sesuai kemampuan. Kebanyakan para calon jamaah memilih tempat menginap yang tidak jauh dari Masjidil Haram Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Semakin dekat lokasi menginap dengan tempat beribadah, maka semakin mahal biaya akomodasi untuk menginap yang harus dikeluarkan. Keuntungannya, para calon jamaah lebih dapat mengatur waktu antara ibadah dan beristirahat di tempat yang dekat serta menghemat biaya transportasi lain seperti bis atau taksi bila jamaah memilih tempat menginap yang jauh dari kedua masjid tersebut.

Fasilitas Hotel terbagi atas 3 kategori yaitu Hemat, Standard dan VIP:

1. Paket Hemat biasanya terdiri dari hotel kelas 3 dengan jarak yang lumayan jauh dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.
2. Paket Standard adalah hotel-hotel berbintang 4 yang memiliki jarak relatif dekat dengan kedua masjid tersebut.
3. Sedangkan paket VIP adalah hotel dengan fasilitas bintang 5 yang memiliki jarak sangat dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Pada saat memilih hotel, sebaiknya calon jamaah menanyakan seberapa dekat atau jauh jaraknya dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Hal ini untuk mengantisipasi apabila terdapat ongkos transportasi lain bila dalam kondisi darurat apabila bila calon jamaah telah berusia lanjut, apakah harus menggunakan taksi atau bis bila tidak mampu berjalan atau antisipasi bila tersesat.

 Transportasi Darat
Selama  pelaksanaan ibadah umroh, jamaah akan berada di tiga kota baik untuk melakukan ibadah umroh atau kegiatan lain seperti berziarah di wilayah kota Madinah serta transit dan beristirahat di Jeddah. Para jamaah umroh akan sangat memerlukan sarana transportasi darat untuk menunjang kegiatannya.

Jarak antara Jeddah dan Madinah dapat di tempuh dengan transportasi darat selama 6 jam. Dari Madinah menuju Mekkah memakan waktu selama 4 jam dan dari Makkah ke Jeddah adalah 2 jam.

 Visa
Visa adalah dokumen penting yang harus dipersiapkan oleh jamaah selain paspor. Visa adalah surat ijin untuk memasuki sebuah negara dalam hal ini Arab Saudi. Tiap-tiap negara menetapkan harga yang berbeda untuk mendapatkan visa masuk ke negaranya. Para calon jamaah dapat menanyakannya di biro travel yang akan digunakan.

 Biaya Lain
Selain biaya-biaya diatas, adapula biaya-biaya lain yang harus dipersiapkan, seperti biaya handling barang bawaan para jamaah, biaya pengurusan dokumen seperti surat keterangan mahram atau surat keterangan vaksin meningitis serta biaya lain sebagai biaya administrasi yang akan menunjang kegiatan para jamaah melakukan ibadah umroh.

 Tips Memperoleh Biaya Murah untuk Umroh 2015
Anda dapat memilih biro travel mana yang akan gunakan dan kunjungi kantornya untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat. Apabila ada pertanyaan-pertanyaan dapat disampaikan dan dijawab oleh pengurusnya langsung.
Mintalah brosur dan perhatikan semua paket yang ditawarkan, teliti jadwal keberangkatan apakah telah sesuai dengan yang anda inginkan serta besaran biayanya apakah telah sesuai dengan budget anda. Perhatikan dengan seksama apakah harga yang ditawarkan telah sesuai dengan fasilitas yang anda inginkan.
Cek armada penerbangan apakah yang digunakan oleh biro tersebut. Apakah Garuda, Ettihad, Saudi Airline atau yang lainnya. Setiap maskapai akan menawarkan beragam  harga yang sesuai dengan fasilitas yang didapat. Karena perjalanan jauh, jangan lupa untuk memperhatikan kenyamanan yang akan anda dapatkan selama perjalanan, jangan sampai memilih yang murah tapi justru membuat anda kelelahan di perjalanan bahkan sebelum memulai ibadah umroh itu sendiri.
Hindari high season atau peak season, musim di mana sedang puncak-puncaknya musim umroh. Musim ini biasanya terjadi pada bulan Juni hingga Agustus karena biaya pada high season akan lebih mahal daripada di luar waktu musim high atau peak season ini. Pastikan anda telah mengetahui bahwa biaya yang anda keluarkan akan lebih mahal bila anda memilih waktu di high season, seperti musim liburan, bulan Ramadhan atau menjelang musim haji. Hal ini diakibatkan semakin membludaknya para calon jamaah yang ingin menunaikan ibadah umrah di 3 waktu utama ini. Selain itu, persaingan ketat antara maskapai penerbangan juga turut memicu tingginya harga paket pada high season tersebut.
Mulailah merencanakan jadwal keberangkatan dan pendaftaran jauh-jauh hari  karena biasanya biro travel memiliki program promo yang memberikan potongan harga bila calon jamaah mendaftar tidak dalam waktu yang terlalu dekat dengan jadwal yang ditetapkan.
Jangan lupa untuk memperhatikan serta menanyakan biaya-biaya lain yang menyertai misalnya biaya handling di airport, perlengkapan yang harus anda siapkan dan bawa, biaya suntik meningitis, ongkos city tour dan lain-lain. Pastikan ongkos umroh yang ditawarkan telah mencakup hal-hal diatas.

 Umroh Murah Memiliki Resiko
Biaya yang ditawarkan memakai kurs rupiah, padahal pembayaran komponen umroh seperti penerbangan dan hotel memakai dollar, apalagi dollar kerap kali mengalami naik dan turun dan tidak stabil karena sulit diprediksi.
Biaya yang ditawarkan sangat murah, mulai 5 juta hingga 16 juta.
Perhatikan pula bila jarak pembayaran pelunasan dengan jadwal keberangkatan umroh terpaut terlalu jauh. Jangan-jangan uang anda akan lenyap bersama biro travelnya.
Fasilitas akomodasi yang ditawarkan sangat bombastis, padahal yang anda bayar sangat murah di bawah harga yang ditawarkan oleh biro travel lainnya.

Apa itu Umroh?

Adalah sebuah bentuk ibadah yang di dalamnya terdapat tata cara (umroh) yang harus dipatuhi dan dilaksanakan agar ibadah yang kita lakukan itu benar dan sah.

Tata Cara Umroh

  1. Miqot (tempat mulai berniat umroh) dan memakai pakaian ihram. Bila berangkat dari Madinah maka miqatnya di Bir Ali. Disarankan sejak dari Madinah telah memakai pakaian ihram namun niat ihram dibaca di Bir Ali. Setelah berganti pakaian, jamaah melakukan shalat ihram 2 rakaat.
  2. Setelah memakai pakaian ihram dan berniat umroh, jamaah tidak boleh menggunakan wangi-wangian, mandi memakai sabun wangi, sikat gigi dengan odol, memakai peci atau pakaian yang lain selain pakaian ihram. Juga dilarang berhubungan suami istri sampai ibadah umroh berakhir yaitu hingga selesai tahallul (memotong rambut). (Lihat: 10 larangan ihram pada menu Larangan Ihram di bagian agak ke atas halaman ini.)
  3. Membaca kalimat talbiyah sebanyak-banyaknya.
  4. Setiba di Masjidil Haram, jamaah melakukan Thawaf mengelilingi Ka`bah sebanyak 7 kali, putaran 1-3 kali dengan berlari-lari kecil, untuk putaran ke 4 hingga 7 berjalan seperti biasa.
  5. Shalat 2 raka`at di maqam Nabi Ibrahim.
  6. Dilanjutkan dengan melakukan Sa`i dari Shofa ke Marwah.
  7. Melakukan Tahallul yaitu mencukur rambut baik seluruhnya maupun sebagian.

Rincian Perjalanan Umroh

Terkait dengan umroh, kita akan mempertimbangkan waktu, cuaca, dan biaya yang terkait dengan perjalanan ibadah umroh anda.

Waktu dan Cuaca

Menurut perkiraan, bulan Juni sampai Agustus Arab Saudi sedang berada di musim panas dengan suhu hampir 44 derajat celcius. Cek perkiraan cuaca Mekkah di Accuweather.com.

Biaya Umroh Murah - Tinggi

Komponen umrah dan biayanya

Bandingkan komponen biaya umroh murah s.d. tinggi reguler di atas dengan minimal biaya umrah rekomendasi Amphuri dan Kemenag.

Salah Benar Umrah

Pilihan Paket Umroh Yang Ditawarkan

  1. Paket Umroh Reguler
  2. Paket Umroh Khusus Ramadhan
  3. Paket Umroh Desember / Akhir Tahun
  4. Paket Umroh Plus Dubai
  5. Paket Umroh Plus Turki

Penerbangan

Komponen biaya umroh paling berpengaruh dalam harga paket adalah biaya penerbangan.

Akomodasi Hotel

Pilihan tempat menginap ada yang tidak jauh dari Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah atau tempat yang agak jauh jika ada fasilitas antar jemput hotel gratis ke kedua masjid tersebut (armada antar-jemput ini akan sangat bermanfaat terutama bagi yang beribadah umroh bersama anak kecil, orang tua, atau di bulan Ramadhan, bagi yang tidak kuat berjalan di terik matahari).

Visa

Visa umrah adalah syarat yang harus disiapkan oleh travel umroh. Visa adalah tanda ijin memasuki sebuah negara. Tiap-tiap negara menetapkan harga yang berbeda untuk visa masuk ke negaranya.

Biaya Lain-lain

Misalnya biaya: perlengkapan umroh, airport tax dan handling, pengurusan dokumen seperti paspor, surat keterangan mahram, dan surat keterangan vaksin meningitis. Juga biaya lain sebagai biaya pribadi yang akan menunjang kegiatan para jamaah melakukan ibadah umroh.

Demikian informasi tentang persiapan-persiapan yang harus jamaah lakukan sebelum memilih jadwal keberangkatan umroh dan travel umroh.

Semoga bermanfaat dan salam hangat,

Dena Tour - Travel Umrah dan Haji Plus


Ibadah Umroh merupakan judul yang dipilih oleh Girilaya Real Groups untuk Posting kali ini. Silakan dilihat dan semoga bermanfaat bagi kita semua.
Terimakasih kepada google.com / girilaya.com yang telah menyuport Ibadah Umroh

Ibadah Umroh

Ibadah Umroh

Judul: Ibadah Umroh ; Ditulis oleh viki.aminarti@gmail.com; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar